Jumat, 29 Juli 2011

Pascal : Contoh Program animasi Stack (Tumpukan) - Struktur Data

Berikut ini adalah contoh program pascal animasi stack (tumpukan) .
Program AnimasiStack;
Uses wincrt;
const
     max = 10;
var
top,i           : byte;
pil,tem,E       : char;
stack           : array [1..max] of char;

procedure pushanim;
     begin
          for i :=1 to 18 do
              begin
                   gotoxy(23+i,7); write(tem);
                   {Delay(30);}
                   gotoxy(23,7); clreol;
              end;
          for i:=1 to 14-top do
              begin
                   {delay(30);}
                   gotoxy(41,6+i); write('   ');
                   gotoxy(41,7+i); write(tem);
              end;
     end;

procedure popanim(tem:char);
     begin
          for i:=1 to 14-top do
              begin
                   {delay(30);}
                   gotoxy(41,22-i-top); write('   ');
                   gotoxy(41,21-i-top); write(tem);
              end;
          for i:=1 to 19 do
              begin
                   gotoxy(40+i,7); write(tem);
{delay(30);}
                   gotoxy(16,7); clreol;
              end;
      end;

procedure push(e:char);
   begin
        inc(top);
        stack[top] :=e;
        pushanim;
   end;

procedure pop(e:char);
   begin
        if top<> 0 then
           begin
                E:=stack[top];popanim(e);
                dec(top);
           end else
           begin
                gotoxy(1,7); write('stack telah kosong');
readkey;
                gotoxy(1,7); clreol;
              end;
      end;

begin
     clrscr;
     writeln('ANIMASI STACK');
     writeln('1.  PUSH');
     writeln('2.  POP');
     writeln('3.  QUIT');
     writeln('Pilihan anda[1/2/3] = ');
     gotoxy(49,6);write('\');
     gotoxy(49,8);write('/');
     gotoxy(37,10);write('\       /');
     for i:=1 to 11 do
         begin
              gotoxy(38,10+i);
              if i=11 then write('|_____|')else write
              ('|     |');
         end;
     top := 0;
     repeat
           gotoxy(23,5);clreol;
           pil := readkey;write(pil);
           if pil ='1' then
              begin
                   if top<> max then
                      begin
                           gotoxy(1,7);write('Masukkan satu Huruf = ');
                           tem := readkey;write(tem);
                           push(tem);
                           gotoxy(1,7);clreol;
                      end else
                          begin
                               gotoxy(1,7);write('Stack sudah penuh');readkey;
                               gotoxy(1,7);clreol;
                          end;
              end else
           if pil='2' then pop(tem);
     until pil='3';
     end.


Tags : Struktur Data, Animasi Stack , Stack, Tumpukan, pascal, program pascal, pascal stack

Kamis, 28 Juli 2011

C++ : Program menampilkan menu password

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{
char nama[20], kelas[10], password[4];
atas:
cout<<endl<<endl<<endl;
cout<<"\t\t                                              
"<<endl;
cout<<"\t\t           S E L A M A T   D A T A N G  
      "<<endl;
cout<<"\t\t                                              
"<<endl;
cout<<"\t\t      Silahkan masukkan User Name&Password    
"<<endl;
cout<<"\t\t                                              
"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"\t\t         UserName  : ";cin>>nama;
cout<<"\t\t         Kelas     : ";cin>>kelas;
cout<<"\t\t         Password  : ";cin>>password;

if (strcmp(password,"aaa")==0)
  {//strcpy(pwd="aaa");
  cout<<"\t\t Terima Kasih atas
Partisipasinya……..!"<<endl;
  cout<<"\t\t Tekan Sembarang Tombol…!"<<endl;
  goto bawah;
  }
else
  {
  cout<<endl<<endl;
  cout<<" Password Salah…..!"<<endl;
  getch();
  clrscr();
  goto atas;
  }
bawah:
getch();
}

Tags : Bahasa C, C++, Password

Bahasa C : Program Mencari Bilangan Faktorial

Berikut ini adalah contoh mencari bilangan faktorial.
 
1. main() {
2. int i,n,hasil;
3. clrscr();
4.
5. printf("Masukkan bilangan faktor ?"); scanf("%i",n);
6. for(i=1;i<=n;i++) hasil=i*hasil;
7. printf("Faktor dari %i = %i",n,hasil);
8.
9. getch();
10. return(0);
11. }

Tags : Faktorial, Bahasa C,

Bahasa C : Program Penjualan Tiket Bioskop

 Berikut ini adalah contoh program penjualan tiket bioskop.

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream.h>
main()
{ char kode,waktu,jawab,nama_film[20],nama_pen[10];
float harga,beli,bayar,pot,ppn,total,u_byr,u_kmb;
film:
clrscr ();
gotoxy(17,1);printf("******Bioskop X******");
gotoxy(15,4);printf("Nama Penonton : ");scanf("%s",&nama_pen);
gotoxy(15,5);printf("Kode Theater [1/2/3] : ");scanf("%s",&kode);
gotoxy(15,7);cout<<"Waktu Tayang [P/S/M] : ";cin>>waktu;
if(kode==’1′)
{ strcpy(nama_film,"Tusuk Jaelangkung");
if(waktu==’p'||waktu==’P')
harga=17500;
else if(waktu==’s'|| waktu==’S')
harga=20000;
else
harga=22500;
}
else if(kode==’2′)
{ strcpy(nama_film,"Harry Potter");
if(waktu==’p'||waktu==’P')
harga=18000;
else if(waktu==’s'|| waktu==’S')
harga=20000;
else
harga=25000;
}
else
{ strcpy(nama_film,"2012");
if(waktu==’p'||waktu==’P')
harga=20000;
else if(waktu==’s'|| waktu==’S')
harga=22500;
else
harga=25000;
}
gotoxy(15,6);printf("Nama Film : %s",nama_film);
gotoxy(15,8);printf("Harga Tiket : %.0f",harga);
gotoxy(15,9);printf("Jumlah Pembelian Tiket : ");scanf("%f",&beli);
gotoxy(15,10);printf("********************************");
bayar=harga*beli;
if(beli>=5)
pot=0.10*bayar;
else
pot=0;
ppn=0.5*bayar;
total=(bayar-pot)+ppn;
gotoxy(15,11);printf("Pembayaran : %.0f",bayar);
gotoxy(15,12);printf("Potongan : %.0f",pot);
gotoxy(15,13);printf("PPN : %.0f",ppn);
gotoxy(15,14);printf("Total Bayar : %.0f",total);
gotoxy(15,15);printf("********************************");
lagi:
gotoxy(15,16);printf("Uang Bayar : ");cin>>u_byr;
if (u_byr<total)
{goto lagi;
u_byr=0 ;
printf("%d",u_byr) ;
}
else
u_kmb=u_byr-total;
gotoxy(15,17);printf("Uang Kembali : %.0f",u_kmb);
gotoxy(13,19);printf("Terima kasih");
gotoxy(15,22);printf("Input Data Lagi [Y/T] :");jawab=getche();
if(jawab==’Y'||jawab==’y')
goto film ;
getche();
keluar:
}

Tags : Bahasa C, Contoh Program Bahasa C, Penjualan Tiket Bioskop, Tiket, Bioskop, C, C++

C++ : Program Luas Segitiga

Berikut ini adalah contoh program bahasa C++ untuk menghitung luas segitiga,

#include<iostream.h>
main()
{
int a, b;
cout<<"Mencari Luas Segitiga n";
cout<<"Alas =";
cin>> a;
cout<<"Tinggi =";
cin>> b;
cout<<"Luas Segitiga ="<<a*b/2;
return 0;
}

Tags : Luas Segitiga, Bahasa C++, C++, Segitiga

Pengenalan Bahasa C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.
Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Tags : Belajar Bahasa C, Pengantar, Pengenalan, Bahasa C

Rabu, 27 Juli 2011

Pascal : Contoh program biodata

program biodata;
uses crt;
var
 nama, alamat : string;
 umur         : integer;
begin
clrscr;
writeln('===========================================');
writeln('                  Biodata');
writeln('===========================================');
write('Nama     : '); readln(nama);
write('Umur     : '); readln(umur);
write('Alamat   : '); readln(alamat);
writeln('-------------------------------------------');
writeln('Jadi data Anda : ');
writeln('Anda bernama ',nama,'. Umur Anda ',umur,' tahun. Anda tinggal di ',alamat,'.');
writeln;
readkey;
end.


Tags: Pascal, program biodata

Pascal : Contoh program perhitungan gaji


Program Perhitungan_Gaji;
Uses crt;
Var nama:string[20];jabatan:string;
Gaji:longint;
Tunj,ppn,gajibersih:real;
Begin
Clrscr;
Write(‘Nama Karyawan     : ‘); readln(nama);
Write(‘Masukkan Jabatan  : ‘); readln(jabatan);
If  (jabatan=’Direktur’) or (jabatan=’direktur’) then
     Begin
 Gaji:=3000000;
 Tunj:=0.1* gaji;
     End
Else If  (jabatan=’Manager’) or (jabatan=’manager’) then
     Begin
 Gaji:=2000000;
 Tunj:=0.05* gaji;
     End
Else If  (jabatan=’Karyawan’) or (jabatan=’karyawan’) then
     Begin
 Gaji:=1000000;
 Tunj:=0.1* gaji;
     End
Else 
     Begin
 Gaji:=800000;
 Tunj:=0.1* gaji;
     End;
Writeln(‘Gaji Bersih      : Rp.‘,gaji);
Writeln(‘Tunjangan Jabatan: Rp.‘,tunj:9:2);
Ppn:=0.1*gaji;
Writeln(‘PPN 10 %      :  Rp.‘,ppn:9:2);
Total:=(gaji+total)-ppn;
Writeln(‘Total Gaji   :  Rp.‘,total:9:2);
Readln;
End.
Tags: Pascal, Perhitungan gaji, perhitungan pascal, gaji

Pascal : Contoh program laporan keuangan

    
    program Laporan_Keuangan;
    {$APPTYPE CONSOLE}
    uses
    SysUtils;

    type
    pengeluaran=record
    no,tgl,bln,thn:integer;
    keterangan:String[25];
    biaya:real;
    end;
    var
    jml_eks, i : integer;
    ekspense:array[1..1000] of pengeluaran;

    procedure TampilanData;
    begin
    writeln(‘—————–Laporan Keuangan—————–’);
    writeln(‘————————————————–’);
    writeln(‘|No |Tanggal | Keterangan             | Biaya    |’);
    writeln(‘————————————————–’);
    for i:=1 to jml_eks do
    begin
    with ekspense do
    writeln(‘|’,No:3,’|',tgl:2,’/',bln:2,’/',
    thn:2,’|',keterangan:25,’|',biaya:10:2,’|');
    end;
    end;

    procedure JumlahData(awal,akhir:integer);
    var hasil:real;
    begin
    for i:=awal to akhir do
    begin
    hasil:=hasil+ekspense.biaya;
    end;
    writeln(‘Jumlah data dari ‘,awal,’s.d.’,akhir,
    ‘ = ‘, hasil:10:2);
    end;

    procedure inputdata(nomor:integer);
    begin
    with ekspense[nomor] do
    begin
    No:=nomor;
    writeln(‘No. ‘, No);
    write(‘Tanggal    = ‘);readln(tgl);
    write(‘Bulan      = ‘);readln(bln);
    write(‘Tahun      = ‘);readln(thn);
    write(‘Keterangan = ‘);readln(keterangan);
    write(‘Biaya      = ‘);readln(biaya);
    end;
    end;

    begin
    write(‘Berapa jumlah data? ‘);readln(jml_eks);
    for i:=1 to jml_eks do
    begin
    inputdata(i);
    end;
    tampilandata;
    jumlahdata(1,jml_eks);
    readln;
    end.



Tags : Contoh pascal, laporan keuangan

Senin, 25 Juli 2011

Pascal : Program menukarkan nilai

Program menukarkan nilai
Program Pertukaran;

uses wincrt;

var
   a, b, temp : integer;

begin
     write ('A : '); read (a);
     write ('B : '); read (b);
     temp := a;
     a    := b;
     b    := temp;
     writeln;
     write ('A : ' , a);
     writeln;
     write ('B : ' , b);

end.
Tags: Pascal, Penukaran nilai,

Pascal : Contoh Program menghitung persegi panjang

Program Luas_Persegi_Panjang;

uses wincrt;

var
panjang, lebar, luas : real;

begin
write ('Masukkan panjang? '); readln (panjang);
write ('Masukkan lebar? ')  ; readln (lebar);
luas := panjang*lebar;
writeln;
writeln ('Luas segiempat = ', luas:5:2, ' satuan luas');

end.
Tags : Luas, Persegi panjang, luas persegi panjang, pascal, program pascal

Minggu, 24 Juli 2011

Bahasa C : Program deret fibonacci function

#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
int fibonacci(int x, int y,int z);
int main()
{
    int result2=0;
    int m,n,p;
    scanf("%d",&p);
         result2=fibonacci(m,n,p);
    system("pause");
}

int fibonacci(int x, int y,int z)
{
    int result=0;
    int count=1;
    x=0;
    y=1;
    printf(" %d ",y);
    for(count=1;count<=z-1;count++)
    {
         result=x+y;
         printf(" %d ",result);
         x=y;
         y=result;
    }
    return result;
}
 
Tags : Fibonacci, function, function fibonacci





Bahasa C : Program deret fibonacci tanpa function

#include<stdio.h>
int main()
{
    long a,i=1,j=0,hasil;
    int input;
    scanf("%d",&input);
    for(a=1;a<=input;a++)
    {
      hasil=i+j;
      printf("%ld ",hasil);
      i=j;
      j=hasil;                                 
    }
    getch();
    return 0;   
} 


 


Tags : Deret fibonacci, function, deret, fibonacci, 


contoh program, bahasa c 

Bahasa C++ : Program mencari bilangan prima

Dengan menggunakan sintaks bahasa c++ dibawah ini merupakan contoh program mencari bilangan prima
#include<iostream>
using namespace std;

main()
{
int x,i,count=0;
cout<<"\nMasukkan sebuah angka : ";
cin>>x;
for(i=2;i<=x/2;i++)
{
if(x%i==0)
count++;
}
if(count>0 || x<2)
cout<<x<<"bukan bilangan prima\n";
else
cout<<x<<"\n bilangan prima\n";
}


Tags : Bilangan prima, C++

Bahasa C++ : Program mencari bilangan prima

#include<stdio.h>
main()
{
int x,i,count=0;
printf("\nMasukkan sebuah angka : ");
scanf("%d",&x);
for(i=2;i<=x/2;i++)
{
if(x%i==0)
count++;
}
if(count>0 || x<2)
printf("\n%d bukan bilangan prima\n",x);
else
printf("\n%d bilangan prima\n",x);
}



Tags : Bilangan prima bahasa c, program bilangan prima, c, c programming

Pascal : Contoh program mencari bilangan genap

uses wincrt;
var genap : array[1..100] of integer;
    a, b, jum : integer;
begin
  a := 0;
  b := 2;
  write('Jumlah bilangan genap : ');readln(jum);
 
  while a <> jum do begin
    inc(a);
    genap[a] := b;
    b := b + 2;
  end;
 
  writeln;
  writeln('Hasil yang disimpan di array : ');
  for b := 1 to jum do
    writeln('Bilangan genap ke-',b,' : ',genap[b]);
end.
 
Tags : Pascal, Bilangan genap, program bilangan genap,
mencari bilangan genap, 

Pascal : Contoh program mencari bilangan prima

Dibawah ini adalah contoh program untuk
mencari bilangan prima 1 sampai 
100 menggunakan array
 
Program Bilangan_Prima_Array;
Uses Crt;
Var
  Prima : Array[1..100] of Integer;
  i,j : Integer;
  bilangan : Integer;
Begin
  ClrScr;
  For i := 2 to 100 Do
  Begin
    Prima[i]:=i;
    For j:= 2 to i-1 Do
    Begin
      bilangan := (i mod j); 
      If bilangan = 0 then Prima[i]:=0; 
    End;
    If Prima[i] <> 0 Then Write(Prima[i],' ');
  End;
  Readln;
End.
 
Tags : Pascal, program pascal, 
bilangan prima, prima, array, 
bilangan array prima, 

Sabtu, 23 Juli 2011

Disable Autorun USB

Pada saat USB di tancapkan ke komputer maka akan muncul autorun. Ini akan berbahaya apabila flashdisk tersebut terinfeksi virus. Untuk mendisable autorun pada windows XP tersebut :

  1. Klik tombol Start – Run.
  2. Ketik gpedit.msc dan tekan OK.
  3. Klik pada User ConfigurationAdministrative TemplatesSystem.
  4. Klik dua kali  pada Turn Off Autoplay.
  5. Klik pada option Enable.
  6. Pada option Turn off Autoplay on, pilih All drives.
  7. Klik OK.
  8. Selesai.

Tags : Gpedit.msc, autorun,

Jumat, 22 Juli 2011

Contoh Program Bahasa C : Kalkulator Sederhana


#include<stdio.h>
void main()
{
float x,y,tambah,kurang,kali,bagi;
int a,b,sisabagi;
printf(“\tProgram Kalkulator Sederhana\n”);

printf(“Input bilangan ke-1: “);   /*proses untuk memasukan bilangan*/
scanf(“%f”,&x);
printf(“Input bilangan ke-2: “);
scanf(“%f”,&y);
a=x;                /*a diberi nilai x untuk nilai int*/
b=y;                /*b diberi nilai y untuk nilai int*/
tambah=x+y;         /*rumus/proses pertambahan*/
kurang=x-y;         /*rumus/proses pengurangan*/
kali=x*y;           /*rumus/proses perkalian*/
bagi=x/y;           /*rumus/proses pembagian*/
sisabagi=a%b;       /*rumus/proses sisabagi*/
printf(“\nHasil %.1f  +  %.1f : %.1f”,x,y,tambah);
printf(“\nHasil %.1f  -  %.1f : %.1f”,x,y,kurang);
printf(“\nHasil %.1f  X  %.1f : %.1f”,x,y,kali);
printf(“\nHasil %.1f  :  %.1f : %.2f”,x,y,bagi);
printf(“\nHasil %.i   mod %.i   : %i”,a,b,sisabagi);
}

Tags : Bahasa C, Program Kalkulator

Reserved Keyword (Kata kunci dalam bahasa C)


Bahasa C mempunyai sedikit kata kunci yaitu 32 kata kunci :
auto     double    int         struct
break    else      long        switch
case     enum      register    typedef
char     extern    return      union
const    float     short       unsigned
continue for       signed      void
dDefault goto      sizeof      volatile
do       if        static      while

Tags : Kata Kunci, Reserved Keyword, Keyword, 

Elemen Dasar Bahasa C


Pengenal  (identifier)  
Merupakan nama yang digunakan sebagai tempat untuk variabel, fungsi dan konstanta yang didefinisikan oleh programmer.
Beberapa ketentuan khusus mengenai nama variabel:
a.      Tidak boleh diawali dengan angka
b.      Harus diawali dengan huruf atau karakter garis bawah (_) selanjutnya dapat diikuti huruf atau angka
c.       Tidak boleh menggunakan operator aritmatika seperti +,-,/,* dan karakter khusus seperti ;,#,@,$ dsb
d.     Tidak diperbolehkan menggunakan spasi jika terdiri dari dua kata atau lebih
e.      Tidak boleh menggunakan kata-kata yang telah memiliki arti khusus dalam bahasa C
f.        Panjang maksimum 32 karakter, jika lebih otomatis sistem hanya tetap mengenal 32 karakter

Tags : Belajar Bahasa C, Identifier, Pengenal

Kamis, 21 Juli 2011

PC : Arti Bunyi Beep Di Komputer

Mungkin anda sering mengalami atau mungkin mendengar Bunyi BEEP pada bios atau PC. Sebenarnya bunyi itu merupakan suatu pesan yg disampaikan oleh bios/PC untuk menunjukkan suatu kesalahan pada hardware pc. Ini ada beberapa keterangan mengenai bunyi BEEP tersebut berdasarkan tipe biosnya.
AMI-BIOS

Beep 1x = RAM rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 6x = Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak, atau tidak terpasang dengan benar
Beep 8x = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot.
Beep 11x = Checksum-Error. Periksalah baterai CMOS pada motherboard.

Award-BIOS
Beep 1x panjang terus menerus = RAM rusak, atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 1x panjang, 1x pendek = Ada masalah dengan RAM atau Motherboard
Beep 1x panjang, 2x pendek = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 3x pendek = Keyboard rusak atau tidak terpasang dengan benar
Beep 1x panjang, 9x pendek = Ada masalah dengan Bios / Bios rusak
Beep pendek Tak terputus
Ada masalah dengan penerimaan tegangan (power)

Phoenix-BIOS
Beep 1x-1x-4x = BIOS mengalami kerusakan.
Beep 1x-2x-1x = Motherboard rusak.
Beep 1x-3x-1x = Ram rusak atau tidak terpasang dengan benar.
Beep 3x-1x-1x = Motherboard rusak
Beep 3x-3x-4x = Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Apabila bagian yang bermasalah adalah RAM (memori) maka cabutlah memori RAM tsb dan pasang lagi (apabila cara meletakkan RAM sebelumnya kurang baik atau tidak pas atau bergeser karena komputer dipindah-pindah). Perlakuan yang sama juga dapat dilakukan pada graphic card (kartu vga). Apabila setelah memperbaiki letak periferal (RAM dan kartu vga) tetapi bunyi beep masih berbunyi juga, kemungkinan besar periferal tersebut mengalami kerusakkan, maka bisa dicoba dengan periferal lainnya, sebelum membeli yang baru. (Source)

Tags : Beep Komputer, Bunyi Beeb, Beep PC.

Game : Download game Angry Bird ver 1.5.2


Pada versi portable ini anda bisa mendownload dua versi Angry Birds, yang pertama Angry Birds 1.5.2 dan Angry Birds Rio 1.1. Untuk Angry Birds 1.5.2 yaitu versi pertama Angry Birds dalam misi penyelamatan telur mereka yang dicuri. Dan untuk Angry Birs Rio 1.1 yaitu versi terbaru dari Angry Birds dalam misi penyelamatan teman-teman mereka yang dikurung di daerah Rio.


Download Angry Bird 1.5.2 Portable

Tags :  Angry Birds, Angry Birds PC, Komputer, Game Free, Gratis, Portable Game

Game : Download game Angry Bird ver 1.1.1 Rio

Angry Birds Rio


Pada Maret 2011, Rovio pun merilis Angry Birds Rio bersama 20th Century Fox, selaku produser film Rio. Game ini merupakan perpaduan antara Angry Birds dengan film Rio. Di sana, burung-burung pemarah tersebut bertemu dengan teman barunya - yang juga tokoh utama film tersebut, Blu dan kekasihnya, Jewel. Musuh dalam game tersebut bukanlah babi jahat, melainkan monyet-monyet yang nakal dan jahil, serta tokoh antagonis film tersebut, Nigel. Lokasi tersebut sangatlah persis yang ada di dalam film tersebut dan mengambil tempat di Rio de Janeiro , Brazil. (Source)


Tags : Angry Bird Rio, Angry Birds PC, Komputer, Game Free, Gratis

Struktur Data Bahasa C


Struktur Data dengan Bahasa C

BAB I : Array
Array adalah kumpulan data bertipe sama yang menggunakan nama sama. Dengan menggunakan array, sejumlah variabel dapat memakai nama yang sama. Antara satu variabel dengan variabel lain di dalam array dibedakan berdasarkan subscript. Sebuah subscript berupa bilangan di dalam kurung siku.


BAB II : Dasar String

String sangat memudahkan tugas pemogram. Dengan menggunakan string, pemogram dapat menampilkan pesan kesalahan, menampilkan prompt bagi masukan keyboard ataupun memberikan informasi pada layar dengan mudah.
Seperti halnya tipe data yang lain, string dapat berupa konstanta atau variabel. Konstanta string sudah biasa anda sertakan pada program. Misalnya pada pernyataan :
cout << “C++”<<endl;
terdapat konstanta string “C++”. Tetapi sejauh ini, variabel string belum diperkenalkan.

BAB III : Pointer

Pointer adalah variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya dan berbeda dengan variable biasa yang berisi nilai tertentu. Dengan kata lain, pointer berisi alamat dari variable yang mempunyai nilai tertentu.

BAB IV : Struktur
Struktur adalah sekumpulan variabel yang masing-masing dapat berbeda tipe, dan dikelompokkan ke dalam satu nama (menurut Pascal, struktur juga dikenal sebagai record). Struktur membantu mengatur data-data yang rumit, khususnya dalam program yang besar, karena struktur membiarkan sekelompok variabel diperlakukan sebagai satu unit daripada sebagai entity yang terpisah.

Salah satu contoh struktur tradisional adalah record daftar gaji karyawan, dimana karyawan digambarkan dengan susunan lambang seperti nama, alamat, nomor jaminan sosial, gaji dan sebagainya. Beberapa dari lambang tersebut biasanya berupa struktur, nama mempunyai komponen begitu juga alamat dan gaji.

Struktur ini sering digunakan untuk mendefinisikan suatu record data yang disimpan di dalam file. Struktur termasuk ke dalam tipe data yang dibangkitkan (derived data type), yang disusun dengan menggunakan obyek tipe lain.

BAB V : Sort (Sorting)

Sort adalah suatu proses pengurutan data yang sebelumnya disusun secara acak atau tidak teratur menjadi urut dan teratur menurut suatu aturan tertentu.

Biasanya pengurutan terbagi menjadi 2 yaitu :

Ø  Ascending (pengurutan dari karakter / angka kecil ke karakter / angka besar)
Ø  Descending (pengurutan dari karakter / angka besar ke karakter / angka kecil)

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan proses pengurutan dari paling tinggi ke paling rendah atau sebaliknya. Untuk masalah pengurutan pada array kita tidak dapat langsung menukar isi dari variabel yang ada, tetapi menggunakan metode penukaran (swap).

BAB VI : Linked List

Konsep dasar struktur data dinamis adalah alokasi memori yang dilakukan secara dinamis. Pada konsep ini, terdapat suatu struktur yang disebut dengan struktur referensi diri (self-referential structure), mempunyai anggota pointer yang menunjuk ke struktur yang sama dengan dirinya sendiri.

Struktur data dinamis sederhana dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu :
  1. Linked list
  2. Stack
  3. Queue
  4. Binary tree


BAB VII : Stack (Tumpukan)

Stack merupakan bentuk khusus dari suatu struktur data, dimana node yang ditambahkan ke dalam list dan diambil dari list hanya pada kepalanya, atau dengan prinsip pengolahannya adalah last-in first-out (LIFO). Pada struktur ini hanya ada dua fungsi utama, yaitu push (memasukkan node ke dalam stack), dan pop (mengambil node dari stack).

Pengertian Tumpukan

Secara sederhana tumpukan bisa diartikan sebagai kumpulan data yang seolah-olah diletakkan di atas data yang lain. Dalam suatu tumpukan akan dapat dilakukan operasi penambahan (penyisipan) dan pengambilan (penghapusan) data melalui ujung yang sama, ujung ini merupakan ujung atas tumpukan.


BAB VIII Queue (Antrian)

Queue (Antrian) adalah suatu kumpulan data yang penambahan elemennya hanya bisa dilakukan pada suatu ujung (disebut dengan sisi belakang atau rear), dan penghapusan atau pengambilan elemen dilakukan lewat ujung yang lain (disebut dengan sisi depan atau front)

Jika pada tumpukan dikenal dengan menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), maka pada antrian prinsip yang digunakan adalah FIFO (First In First Out).

BAB IX : Tree (Pohon)

Struktur pada tree (pohon) tidak linear seperti pada struktur linked list, stack, dan queue. Setiap node pada tree mempunyai tingkatan, yaitu orang tua (parent) dan anak (child). Struktur ini sebenarnya merupakan bentuk khusus dari struktur tree yang lebih umum, setiap orang tua hanya memiliki dua anak sehingga disebut pohon biner (binary tree), yaitu anak kiri dan anak kanan.
 ISTILAH DASAR
Tree merupakan salah satu bentuk struktur data tidak linear yang menggambarkan hubungan yang bersifat hirarkis (hubungan one to many) antara elemen-elemen. Tree dapat didefinisikan sebagai kumpulan simpul/node dengan satu elemen khusus yang disebut root dan node, disebut sub tree/sub pohon atau cabang.
Sehingga secara sederhana pohon bisa didefinisikan sebagai kumpulan elemen yang salah satu elemennya disebut dengan akar (root) dan elemen yang lainnya (simpul), terpecah menjadi sejumlah himpunan yang saling tidak berhubungan satu dengan yang lainnya.
  •  Predecessor     :     node yang berada di atas node tertentu 
  • Successor        :     node yang dibawah node tertentu
  • Ancestor          :     seluruh node yang terletak sebelum node tertentu dan terletak sesudah pada jalur yang sama 
  • Descendant     :     seluruh node yang terletak sesudah node tertentu dan terletak sesudah pada jalur yang sama
  •   Parent            :     predecessor satu level diatas suatu node
  • Child               :     successor satu level dibawah suatu node
  • Sibling             :     node-node yang memiliki parent yang sama dengan suatu node
  • Subtree            :     bagian dari tree yang berupa suatu node beserta descendantnya dan memiliki semua karakteristik dari tree tersebut
  • Size                 :     banyaknya node dalam suatu tree
  • Height             :     banyaknya tingkatan/level dalam suatu tree
  • Root                :     satu-satunya node khusus dalam tree yang tidak mempunyai predecessor
  • Leaf                 :     node-node dalam tree yang tidak memiliki successor
  • Degree             :     banyaknya child yang dimiliki suatu node


 Tags : Struktur Data, Bahasa C, Praktikum